Steganografi

5:24 AM



Definisi:

Jubilee Enterprise dalam 13 Ancaman PC dan Cara Mengatasinya:
Menurut pengertian dan definisi istilah steganografi adalah paduan antara seni dan ilmu pengetahuan yang mempelajari cara menuliskan pesan tersembunyi. Isi maupun arti pesan hanya bisa diterjemahkan oleh pembuat dan orang yang berhak menerima pesan.
Eko Arryawan dalam Anti Forensik:
Steganografi adalah seni menyamarkan data. Jika Kriptografi adalah ilmu untuk menjaga isi data atau pesan agar tetap aman dengan cara menyandikan isi pesan, maka steganografi lebih berfokus agar keberadaan pesan rahasia tersamar.
Efvy Zam dalam Anti Privacy: Melacak, Membajak, & Membobol Data Rahasia:
Steganografi adalah proses penyimpanan pesan rahasia berupa teks dalam bentuk lain sehingga tidak mudah diketahui oleh orang lain.
Gary C. Kessler dalam Steganography: Hiding Data Within Data:
Steganografi adalah ilmu menyembunyikan informasi. Tujuan steganografi adalah untuk menyembunyikan data dari pihak ketiga.
Donovan Artz dalam jurnalnya Digital Steganography: Hiding Data within Data:
Steganografi adalah sebuah cara menyimpan informasi dalam suatu teknik penyembunyian keberadaan dari informasi itu.


Menurut penuturan beberapa orang ahli diatas dalam bukunya masing-masing, penulis mengambil sebuah kesimpulan bahwasannya steganografi adalah sebuah cabang ilmu yang membahas tentang seni menyamarkan pesan dimana yang dapat mengetahui isi pesan tersebut hanya si pengirim pesan dan penerima pesan.

Jenis-jenis Steganografi dalam Dunia Komputer

Least Significant Bit Insertion (LSB)
Metode penyembunyian pesan di media digital berbeda-beda tergantung dengan dimana pesan tersebut disembunyikan. Contoh, berkas pesan yang terkandung didalam sebuah image diterapkan dengan menggunakan cara menyisipkan pesan di bit rendah atau bit paling kanan pada data pixel yang menyusun file tersebut. Pada bitmat 24 bit, setiap pixel pada gamber tersusun atas kombinasi tiga warna RGB (Red, Green, Blue) yang masing-masing warna tersusun atas 8 bit dari 0 sampai 255 atau dengan format biner 00000000 sampai 11111111. Dengan demikin, ada satu bit dari masing-masing warna yang dapat diambil ujung kanannya untuk disisipkan data atau tiga bit. Kelebihan dari metode ini adalah cepat dan mudah digunakan serta terdapat berbagai jenis software yang menggunakan konsep LSB. Sedangkan kekurangannya sendiri adalah jika  mengubah bit dibaris RGB yang digunakan gambar, tentu saja hal ini akan mengubah warna gambar secara drastis.

Algorithms and Transformation
Algoritma ini merupakan sebuah metode steganografi dengan menyembunyikan data didalam sebuah fungsi matematika. Ada dua fungsi dalam algoritma ini yaitu, Discrete Consine Tranformation (DCT) dan Wavelet Transformation. Fungsi DCT dan Wavelet yaitu mentransformasi data dari satu tempat (domain) ke tempat (domain) yang lain.

Redundant Pattern Encoding
Redundant Pattern Encoding adalah menggambar pesan kecil pada kebanyakan gambar. Keuntungan dari metode ini adalah dapat bertahan dari cropping (kegagalan). Kerugiannya yaitu tidak dapat menggambar pesan yang lebih besar.

Spread Spectrum method
Spread Spectrum steganografi terpencar-pencar sebagai pesan yang diacak (encrypted) melalui gambar (tidak seperti dalam LSB). Untuk membaca suatu pesan, penerima memerlukan algoritma yaitu crypto-key dan stego-key. Metode ini juga masih mudah diserang yaitu penghancuran atau pengrusakan dari kompresi dan proses image (gambar).



Sumber:
Arryawan, Anto dan SmitDev Community. 2010. Anti Forensik *UNCENSORED Mengatasi Investigasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Artz, Donovan. May-June 2001. Digital Steganography: Hiding Data within Data. New Mexico: Los Alamos National Laboratory.
Enterprise, Jubilee. 2010. 13 Ancaman PC dan Cara Mengatasinya. Jakarta: Elex Media Computindo.
Kessler, Gary C. September 2001. Steganography: Hiding Data Within Data.
Putri, Tria. "METODE-METODE STEGANOGRAPHY". 1 November 2015 pukul 20:23 WIB. http://onlytria.blogspot.co.id/2013/02/metode-metode-steganography.html
Zam, Efvy. 2013. Anti Privacy: Melacak, Membajak, & Membobol Data Rahasia. Jakarta Selatan: mediakita.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe